Desa Nagrog mendapat juara 1 bersama desa terbaik dalam Temu Karya Nasional, Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XX dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Tahun 2018 dibuka Presiden RI Joko Widodo, Jumat 19 Oktober 2018. TTG sudah dilakukan sejak tahun 1999. TT. -- selengkapnya...

Artikel

Desa Nagrog Lakukan Penataan Berbasis Lingkungan

09 Maret 2018 23:53:41  Administrator  1.090 Kali Dibaca  Berita Desa

Jabarekspres.com – Keberadaan Desa Nagrog di Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung sebetulnya memiliki potensi besar untuk lebih dikembangkan menjadi desa termaju.

Hal ini terlihat dari letak desa yang memiliki posisi strategis dengan potensi keindahan alam pedesaan yang cocok dikembangkan menjadi obyek wisata alam.

Kepala Desa Nagrog Gun Gun Suganda mengatakan, selama perkembangannya Desa Nagrog terus mengalami kemajuan. Hal ini tidak lepas dari beberapa program yang dibuat.

Menurutnya, pembangunan di Desa Nagrog selalu ditekankan melakukan pembangunan berbasis lingkungan. Terlebih Desa Nagrog sendiri merupakan dataran berbukit dengan ketinggian 700 dpl dan Luas Wilayah 417.162 Ha.

’’Desa ini memiliki 5 Dusun dengan 18 RW dan 63 RT dengan Jumlah penduduk sebanyak 11.617 Jiwa dengan Jumlah keluarga sebanyak 3.322,”jelas Gun Gun ketika ditemui kemarin (7/3)

Selain itu, untuk komposisi pekerjaan sebanyak 46 persen bekerja pihak swasta. Untuk petani sebesar 18 persen, sedangkan sisanya PNS, Pensiunan, TNI/Polri, Wiraswasta, dan bidang jasa.

Sementara itu, untuk infrastruktur, desa ini memiliki jalan desa sepanjang 6 km, jalan kabupaten 0,7 km, dan jalan nasional sepanjang 3 km.

Untuk sarana Pendidikan, Desa Nagrog sudah memiliki PAUD 8 Buah, SD 4 Buah, SLTP 2 Buah dan SLTA 3 Buah. Bahkan, untuk sarana kesehatan terdapat 1 puskesmas dan 2 bidan desa.

’’ Nah yang tak kalah menarik di bidang olah raga desa Nagrog memiliki 3 lapangan sepak bola, lapangan voly 9 buah dan lapangan bulutangkis 2 buah,’’ucap dia.

Gun Gun memaparkan, dalam menjalankan roda pemerintahan di desanya selalu berprinsip dalam melakukan pengelolaan keuangan harus dilaksanakan secara transparan dan akuntabel. Bahkan, setiap kebijakan penting selalu dilibatkan dengan musyarawarah.

Dengan begitu, apapun aspirasi dan keinginan warga desa akan ditampung dan segera diwujudkan secara bersama-sama. Hal ini, terbukti beberapa program andalannya mampu diterima masyarakat. Salah satunya, adalah sukses dengan Kampung Saber

Desa Nagrog juga rencananya akan memiliki taman Keaneka ragaman Hayati (Taman kehati) yang di gagas oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung.

’’ Nah ini merupakan kawasan konservasi dan kawasan edukasi yang berpotensi berkembang menjadi kawasan wisata nantinya,”ucap dia.

Kawasan Taman kehati nantinya terletak di Kampung Ciseupang DesaNagrog, atau tepatnya di Blok Pasirwedang, dengan luas lahan sekira 10 hektar. Bahkan, untuk Detail Enginering Design (DED) sudah selesai pada Desember 2017 lalu.

’’ kami mohon doanya semoga rencan dan program untuk kesehjahteraan warga desa bisa terwujud dengan baik dan amanah,”pungkas Gun Gun (adv/mg4/yan)

 

Sumber Berita : http://jabarekspres.com/2018/desa-nagrog-lakukan-penataan-berbasis-lingkungan/

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Informasi COVID-19 Kabupaten Bandung

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI ..... !!!

Peta Desa

e-Calendar

Aparatur Desa

Sinergi Program

Wilayah Desa

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Timur km.33 Nagrog, Cicalengka, Kab. Bandung, Jawa Barat 40395
Desa : Nagrog
Kecamatan : Cicalengka
Kabupaten : Bandung
Kodepos : 40395
Telepon : 0227949350
Email : desanagrog2@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:31
    Kemarin:378
    Total Pengunjung:299.808
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.204.24.82
    Browser:Tidak ditemukan